Belajar menjahit sendiri? why not..

Beberapa hari yang lalu saya mendapat pesan di inbox facebook. Adik kelas jaman STM bertanya “Mba, gimana cara belajar menjahit, ada web atau group/mailinglist?”. sstt.. tongkrongan seperti saya ini jelek-jelek lulusan STM loh.

Menjahit
Mendengan kata-kata menjahit pasti gambarannya adalah ibu-ibu bersasak di depan mesin jahit singer hitam. Hari gini, Belajar menjahit please deh.. beli baju di belowcepek.com saja nggak sampai ngabisin budget sehari ngemall. Trus ngapain belajar menjahit!! Karena menjahit itu lebih murah dari pada ngemall!! he..he jurus ngeles.

Tapi menjahit khan perlu belajar? ya iyalah… Jalan saja juga belajar dulu, Caranya? Ikut kursus atau sekolah jahit. Haduhh nggak ada waktu, budget juga.. Tapi pengen bisa menjahit, belajar sendiri bisa nggak ya? Bisa dong. Siapkan mental baja, gauli mesin jahit dan beli banyak-banyak kain apkiran/kiloan. Cuma itu??!! Sabar, saya kasih contekannya ya.

sewing.machine.art

Beli Mesin
Saya sering mendapat pesan “Mba mesin jahit apa yang cocok untuk pemula?”. Jawaban saya “Yang punya fungsi dasar jahit, yaitu jahit lurus”. Jadi simpan baik-baik uang kita dulu, kemudian hunting mesin jahit singer/butterfly jadul. Harga second nya hanya 500 rb sudah termasuk meja dan dinamo ini area depok. Harga baru singer hitam 1,25 jt. Jika punya mesin jahit warisan, tinggal bawa ke tukang servis biasanya ongkos tidak lebih dari 100rb. Sparepart mesin jahit singer hitam itu murce kok.

Kenapa kok fungsi dasar? karena kita harus bergaul dengan baik dan benar dengan mesin jahit. Berhubung kita masih belajar, mood jahit kadang naik turun. Sayang-sayang beli mesin jahit 5jt tapi tak pernah tersentuh. Belum lagi jika sudah jenuh atau berganti hobby. Wuah alamat say goodbye tuh mesin.

Buku, Internet, youtube dan gabung komunitas
Di Gramedia banyak bertebaran buku menjahit, mulai dari membuat busana kerja sampai pecah pola. Beli yang sesuai minat dan praktekkan. Jangan berharap langsung jadi baju ya. Nggak salah potong saja syukur. Di internet banyak juga web yang membahas mengenai menjahit. Kebanyakan memang berbahasa inggris.

Web favorite saya biasanya
sewmamasew.com (banyak tips and trik, dari mulai buat baju sampai buat tas). burdastyle.com (kebanyakan contoh-contoh baju dan jualan pola yang bikin ngiler). threadsmagazine.com (teknik-teknik menjahit). about.com (belajar menjahit dari yang dummies). pinterest.com (search keyword : sewing. banyak ide-ide jahitan yang cute)

Bergabung di komunitas menjahit, milis hobby_menjahit@yahoogroups.com, meskipun tidak terlalu aktif tetapi jika bertanya banyak yang akan mengulurkan tangan dengan senang hati. di femaledaily.com juga ada forum menjahit.

Gagal??… buang lalu bikin lagi..
Suhu menjahit saya tante wiwi, selalu mengingatkan saya “praktek da..praktek!, Jangan cuma baca buku”. Jadi kunci belajar menjahit sendiri adalah selalu praktek. Kalau nggak jadi tinggal buang. Bayangkan jika membuat masakan nggak jadi males bener khan makannya.

Kain
Jangan pernah belajar menjahit pertama kali dengan sifon, satin atau katun jepang. Beli saja kain murah, yang kiloan. Ini percobaan kalau hasil nya bagus boleh naik level ke kain yang layak pakai he..he..

Mulai dari mana?
Mulai dari yang paling mudah, Jika di Gramedia ada busana kerja dan anda anggap itu mudah konsepnya..monggo dilanjutkan. Tapi jika bingung mulai dari membuat sarung bantal, membongkar rok yang usang, dedel kemudian jiplak ke kertas, jiplak lagi ke kain di tambah kampuh (space untuk menjahit) lalu jahit. Menjahit celana yang robek, jahitan yang lepas pokoknya aktifitas menjahit.

It’s all about fun
Menjahit itu menyenangkan dan menguntungkan. Rasakan nikmatnya mendedel jahitan yang salah, di jaman control+z (semua bisa di undo) menjahit membuat saya sadar, susahnya memperbaiki hal yang salah, berbekas lagi!. Sensasi ketika baju yang di buat pas dan nyaman di badan aich.. belanja di online shop mah lewat :D

Selanjutnya?
Jika kita sudah menyenangi aktifitas menjahit, merasakan pedihnya mendedel, kesalnya salah potong dan merdunya suara mesin jahit. Mulailah berinvestasi untuk mengikuti kursus (jika ada waktu). Membeli buku-buku pola yang kebanyakan import (semakin sering menabung). Belajar cara mengukur yang benar dan bereksplorasi dengan jenis-jenis bahan. Dan membeli mesin jahit yang high end. Lah mesin yang jadul ini gimana? jual lagi aja ke kaskus.co.id banyak kok yang cari.

So.. belajar menjahit sendiri? why not?

 note :
Dengan banyaknya komentar, sayang sekali beberapa komentar melampirkan iklan pribadi, mohon maaf iklan tersebut saya hapus. Untuk menghindari anggapan bahwa saya berafiliasi dengan suatu badan/kursus/usaha. Tulisan di atas murni hasil pengalaman pribadi dan tidak dalam rangka mencari keuntungan. 

Untuk permintaan e-book, mohon maaf  tidak bisa saya penuhi  dikarenakan alasan hak cipta. ebook menjahit dalam hitungan jam berjudul sewing in no time karangan emma hardy